UN SMP MAT
1) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2006
Dua lingkaran A dan B masing-masing berdiameter 26 cm dan 16 cm. Jika jarak AB = 26 cm, panjang garis singgung persekutuan luar kedua lingkaran tersebut adalah....
A. 22 cm
B. 24 cm
C. 26 cm
D. 28 cm
2) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2007
Diketahui dua buah lingkaran dengan pusat A dan B, dengan panjang jari-jari masing-masing 7 cm dan 2 cm. Jika jarak AB = 13 cm, maka panjang garis singgung persekutuan luar kedua lingkaran tersebut adalah....
A. 5 cm
B. 6 cm
C. 12 cm D. 15 cm
3) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2008
Panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran 8 cm. Jika jarak titik pusat kedua lingkaran 17 cm dan panjang jari-jari salah satu lingkaran 10 cm, maka panjang jari-jari lingkaran yang lain adalah …
A. 5 cm
B. 6 cm
C. 7 cm
D. 9 cm
4) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2012
Dua buah lingkaran berpusat di A dan B dengan jarak AB = 20 cm. Panjang garis singgung persekutuan dalam 16 cm dan panjang jari-jari lingkaran dengan pusat A = 5 cm. Panjang jari-jari lingkaran dengan pusat B adalah....
A. 7 cm
B. 10 cm
C. 12 cm
D. 17 cm
5) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2013
Jarak titik pusat lingkaran A dan B adalah 25 cm. Jari-jari lingkaran A dan jari-jari lingkaran B berturut-turut 3 cm dan 18 cm. Panjang garis singgung persekutuan luar kedua lingkaran adalah...
A. 15 cm
B. 20 cm
C. 24 cm D. 26 cm
6) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2011 Perhatikan gambar berikut! Agar terbentuk jaring-jaring balok, bidang yang harus dihilangkan bernomor … A. 6, 8, 9 B. 2, 6, 8 C. 1, 4, 9 D. 1, 3, 6 7) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2011 Perhatikan gambar di samping! Daerah yang diarsir adalah … A. Diagonal ruang B. Bidang diagonal C. Bidang frontal D. Diagonal sisi 8) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2012 Perhatikan gambar kerucut! Garis PQ adalah.... A. diameter B. jari-jari C. garis pelukis D. garis alas 9) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2012 Pehatikan gambar di bawah! Yang merupakan jaring-jaring balok adalah.... A. I dan II B. II dan III C. III dan III D. I dan IV 10) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2013 Rama akan membuat 3 buah kerangka balok yang berukuran 6 cm × 6 cm × 3 cm terbuat dari kawat. Jika kawat yang tersedia 2 m, panjang sisa kawat adalah... A. 20 cm B. 24 cm C. 30 cm D. 32 cm 11) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2013 Perhatikan gambar! Garis PQ adalah... A. jari-jari B. diameter C. garis tinggi D. garis pelukis
12) UN Matematika
SMP/MTs Tahun 2012
Perhatikan bangun berikut yang terdiri dari balok dan limas! Diketahui balok berukuran 16 cm x 16 cm x 4 cm. Jika tinggi limas 6 cm, luas permukaan bangunan adalah.... A. 1.216 cm2 B. 1.088 cm2 C. 832 cm2 D. 576 cm2 13) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2012 Perhatikan gambar bola dalam tabung! Jika jari-jari bola 6 cm, maka luas seluruh permukaan tabung adalah... A. 288 Ï€ cm2 B. 216 Ï€ cm2 C. 144 Ï€ cm2 D. 576 Ï€ cm2 14) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2013 Sebuah aula berbentuk balok dengan ukuran panjang 8 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4 meter. Dinding bagian dalamnya akan dicat dengan biaya Rp80.000,00 per meter persegi. Jumlah seluruh biaya pengecatan adalah... A. Rp4.480.000,00 B. Rp6.560.000,00 C. Rp8.960.000,00 D. Rp15.360.000,00 15) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2013 Panjang diagonal sisi kubus 5√2 cm. Luas seluruh permukaan kubus adalah... A. 100 cm2 B. 150 cm2 C. 200 cm2 D. 300 cm2 16) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2013 Sebuah tabung memiliki diameter 70 cm dan tinggi 15 cm. Luas seluruh permukaan tabung tersebut adalah....(Ï€ = 22/7) A. 7.700 cm2 B. 9.350 cm2 C. 11.000 cm2 D. 19.250 cm2 |
||||||||||||||||||
17) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2005 Sebelum membeli duku, ibu Neni mencobanya terlebih dahulu. Ia mengambil satu duku kecil, satu duku sedang dan satu duku besar dari sekeranjang duku milik penjual. Yang merupakan sampel adalah.... A. satu duku kecil yang dicoba B. satu duku besar yang dicoba C. ketiga duku yang dicoba D. sekeranjang duku milik penjual 18) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2012 Sebuah dadu dilambungkan satu kali. Peluang muncul mata dadu lebih dari 4 adalah.... A. 1/6 B. 1/4 C. 1/3 D. 2/3 19) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2012 Di atas sebuah rak buku terdapat: 10 buku ekonomi 50 buku sejarah 20 buku bahasa 70 buku biografi Jika diambil sebuah buku secara acak, peluang yang terambil buku sejarah adalah.... A. 1/150 B. 1/50 C. 1/3 D. 1/2 20) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2013 Tiga uang logam dilempar undi bersama-sama satu kali. Peluang muncul dua gambar dan satu angka adalah... A. 1/3 B. 3/8 C. 1/2 D. 3/4 21) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2013 Roni diperbolehkan ibunya untuk mengambil satu permen dari sebuah kantong. Dia tidak dapat melihat warna permen tersebut. Banyaknya permen dengan masing-masing warna dalam kantong tersebut ditunjukkan dalam grafik berikut. Berapa peluang Roni mengambil sebuah permen warna merah? A. 10% B. 20% C. 25% D. 50% |
||||||||||||||||||
22) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2012 Berat badan rata-rata 15 siswa pria 52 kg, sedangkan berat badan rata-rata 25 siswa wanita adalah 48 kg. Berat badan rata-rata-seluruh siswa adalah.... A. 50,5 kg B. 50 kg C. 49,5 kg D. 49 kg 23) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2012 Tinggi sekelompok siswa sebagai berikut: 141 cm, 160 cm, 150 cm, 154 cm, 148 cm, 150 cm, 154 cm, 153 cm, 150 cm, 148 cm. Modus data tersebut adalah.... A. 148 cm B. 149 cm C. 150 cm D. 160 cm 24) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2012 Perhatikan tabel nilai ulangan matematika dari sekelompok siswa.
A. 6 siswa B. 8 siswa C. 17 siswa D. 18 siswa 25) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2012 Diagram lingkaran berikut menunjukkan kegemaran 200 siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di suatu sekolah. Banyak siswa yang gemar robotik adalah.... A. 10 orang B. 15 orang C. 25 orang D. 30 orang 26) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2012 Di atas sebuah rak buku terdapat: 10 buku ekonomi 50 buku sejarah 20 buku bahasa 70 buku biografi Jika diambil sebuah buku secara acak, peluang yang terambil buku sejarah adalah.... A. 1/150 B. 1/50 C. 1/3 D. 1/2 27) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2013 Data siswa SMP "BINTANG" dari Tahun 2009 sampai Tahun 2012. Selisih banyaknya siswa tahun 2012 dan tahun 2009 adalah... A. 25 orang B. 50 orang C. 75 orang D. 100 orang 28) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2013 Parto minum 80 mg obat untuk mengendalikan tekanan darahnya. Grafik berikut memperlihatkan banyaknya obat pada saat itu beserta banyaknya obat dalam darah Parto setelah satu, dua, tiga, dan empat hari. |
Berapa
banyak obat yang masih tetap aktif pada akhir hari pertama? A. 6 mg B. 12 mg C. 26 mg D. 32 mg 29) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2013 Nilai ulangan Fisika yang diperoleh 11 siswa kelasIX-C adalah 4, 5, 6, 5, 7, 4, 6, 5, 7, 5, 6. Modus dari nilai ulangan Fisika adalah... A. 4 B. 5 C. 6 D. 7 |
30) UN Matematika
SMP/MTs Tahun 2009
Perhatikan gambar di samping!
Keliling bangun ABCDE adalah....
A. 56 cm
B. 59 cm
C. 74 cm
D. 86 cm
Perhatikan gambar di samping!
Keliling bangun ABCDE adalah....
A. 56 cm
B. 59 cm
C. 74 cm
D. 86 cm
31) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2010
Panjang AC adalah
A. 24 cm
B. 28 cm
C. 30 cm
D. 32 cm
32) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2011A. 24 cm
B. 28 cm
C. 30 cm
D. 32 cm
Perhatikan gambar!
Panjang AD adalah....
A. 15 cm
B. 17 cm
C. 24 cm
D. 25 cm
B. 17 cm
C. 24 cm
D. 25 cm
33) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2012
Diketahui keliling belahketupat 52 cm dan salah satu diagonalnya 24 cm. Luas belahketupat ABCD adalah....
A. 312 cm2
B. 274 cm2
C. 240 cm2
D. 120 cm2
Diketahui keliling belahketupat 52 cm dan salah satu diagonalnya 24 cm. Luas belahketupat ABCD adalah....
A. 312 cm2
B. 274 cm2
C. 240 cm2
D. 120 cm2
34) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2013
Panjang salah satu diagonal belahketupat adalah 24 cm. Jika luas belahketupat 120 cm2, keliling belahketupat adalah...
A. 30 cm
B. 40 cm
C. 48 cm
D. 52 cm
35) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2013
Perhatikan limas TABCD alasnya berbentuk persegi. Keliling alas limas 72 cm, dan panjang TP = 15 cm.
Volume limas adalah...
A. 4.860 cm3
B. 3.888 cm3
C. 1.620 cm3
D. 1.296 cm3
Panjang salah satu diagonal belahketupat adalah 24 cm. Jika luas belahketupat 120 cm2, keliling belahketupat adalah...
A. 30 cm
B. 40 cm
C. 48 cm
D. 52 cm
35) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2013
Perhatikan limas TABCD alasnya berbentuk persegi. Keliling alas limas 72 cm, dan panjang TP = 15 cm.
Volume limas adalah...
A. 4.860 cm3
B. 3.888 cm3
C. 1.620 cm3
D. 1.296 cm3
36) UN Matematika
SMP/MTs Tahun 2014
Perhatikan gambar kapal layar!
Sembilan puluh lima persen komoditas perdagangan dunia melalui sarana transportasi laut, dengan menggunakan sekitar 50.000 kapal tanker, kapal-kapal pengirim, dan pengangkut barang raksasa. Sebagian besar kapal-kapal ini menggunakan bahan bakar solar.
Para insinyur berencana membangun tenaga pendukung menggunakan angin untuk kapal-kapal terseut. Usul mereka adalah dengan memasang layar berupa layang-layang ke kapal dan menggunakan tenaga angin untuk mengurangi pemakaian solar serta dampak solar terhadap lingkungan.
Dari hal tersebut, berapa kira-kira panjang tali layar dari layang-layang agar layar tersebut menarik kapal pada sudut 45° dan berada pada ketinggian vertikal 150 m, seperti diperlihatkan pada gambar?
A. 175 m
B. 212 m
C. 285 m
D. 300 m
Perhatikan gambar kapal layar!
Sembilan puluh lima persen komoditas perdagangan dunia melalui sarana transportasi laut, dengan menggunakan sekitar 50.000 kapal tanker, kapal-kapal pengirim, dan pengangkut barang raksasa. Sebagian besar kapal-kapal ini menggunakan bahan bakar solar.
Para insinyur berencana membangun tenaga pendukung menggunakan angin untuk kapal-kapal terseut. Usul mereka adalah dengan memasang layar berupa layang-layang ke kapal dan menggunakan tenaga angin untuk mengurangi pemakaian solar serta dampak solar terhadap lingkungan.
Dari hal tersebut, berapa kira-kira panjang tali layar dari layang-layang agar layar tersebut menarik kapal pada sudut 45° dan berada pada ketinggian vertikal 150 m, seperti diperlihatkan pada gambar?
A. 175 m
B. 212 m
C. 285 m
D. 300 m
adalah..... |
A.
|
B.
|
C.
|
D.
|
38) UN Matematika
SMP/MTS Tahun 2005
Hasil dari (2x – 4) (3x + 5) =.…
A. 6x2 – 2x – 20
B. 6x2 + 2x – 20
C. 6x2 – 14x – 20
D. 6x2 + 14x – 20
39) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2006
Hasil dari (2x + 3) (4x – 5) adalah.…
A. 8x2 – 2x – 15
B. 8x2 – 22x – 15
C. 8x2 + 2x − 15
D. 8x2 + 22x – 15
40) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2007
Hasil dari (2x - 2)(x + 5) adalah....
A. 2x2 - 12x - 10
B. 2x 2 + 12x - 10
C. 2x2 + 8x - 10
D. 2x2 - 8x - 10
41) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2007
Hasil dari (2x – 4) (3x + 5) =.…
A. 6x2 – 2x – 20
B. 6x2 + 2x – 20
C. 6x2 – 14x – 20
D. 6x2 + 14x – 20
39) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2006
Hasil dari (2x + 3) (4x – 5) adalah.…
A. 8x2 – 2x – 15
B. 8x2 – 22x – 15
C. 8x2 + 2x − 15
D. 8x2 + 22x – 15
40) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2007
Hasil dari (2x - 2)(x + 5) adalah....
A. 2x2 - 12x - 10
B. 2x 2 + 12x - 10
C. 2x2 + 8x - 10
D. 2x2 - 8x - 10
41) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2007
Bentuk paling sederhana dari
|
adalah..... |
A.
|
B.
|
C.
|
D.
|
42) UN Matematika
SMP/MTs Tahun 2008
Pemfaktoran dari 4x2 – 9y2 adalah....
a. (2x + 3y)(2x + 3y)
b. (2x + 3y)(2x – 3y)
c. (4x – 9y)(x – y)
d. (4x + 9y)(x – y)
43) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2008
Pemfaktoran dari 4x2 – 9y2 adalah....
a. (2x + 3y)(2x + 3y)
b. (2x + 3y)(2x – 3y)
c. (4x – 9y)(x – y)
d. (4x + 9y)(x – y)
43) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2008
Hasil dari
|
adalah.....
|
A.
|
B.
|
C.
|
D.
|
44) UN Matematika SMP
/ MTs Tahun 2009
Hasil dari (2a − b)(2a + b) adalah....
A. 4a2 − 4ab − b2
B. 4a2 − 4ab + b2
C. 4a2 + b2
D. 4a2 − b2
45) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2009
Hasil dari (2a − b)(2a + b) adalah....
A. 4a2 − 4ab − b2
B. 4a2 − 4ab + b2
C. 4a2 + b2
D. 4a2 − b2
45) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2009
Bentuk sederhana dari :
|
adalah.....
|
A.
D.
|
46) UN Matematika SMP
/ MTs Tahun 2009
Hasil dari :
|
adalah.....
|
A. 2/x
B. −2/x
C. 1/x
D. −1/x
47) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2010
Hasil dari (2x – 2)(x +5) adalah.…
A. 2x2 – 12x – 10
B. 2x2 + 12x – 10
C. 2x2 + 8x – 10
D. 2x2 – 8x – 10
48) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2010
Hasil dari 2(4x − 5) − 5x + 7 adalah…
A. 3x − 17
B. 3x + 17
C. 3x − 3
D. 3x + 3
49) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2010
B. −2/x
C. 1/x
D. −1/x
47) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2010
Hasil dari (2x – 2)(x +5) adalah.…
A. 2x2 – 12x – 10
B. 2x2 + 12x – 10
C. 2x2 + 8x – 10
D. 2x2 – 8x – 10
48) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2010
Hasil dari 2(4x − 5) − 5x + 7 adalah…
A. 3x − 17
B. 3x + 17
C. 3x − 3
D. 3x + 3
49) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2010
Bentuk sederhana dari
|
adalah.....
|
A.
|
B.
|
C.
|
D.
|
50) UN Matematika SMP
/ MTs Tahun 2010
Jika 2x + 7 = 5x − 11, maka nilai x + 3 adalah….
A. – 4
B. 4
C. 9
D. 14
Jika 2x + 7 = 5x − 11, maka nilai x + 3 adalah….
A. – 4
B. 4
C. 9
D. 14
Komentar